Manajemen
Kata Manajemen berasal dari bahasa Perancis kuno ménagement, yang memiliki arti seni melaksanakan dan mengatur. Manajemen belum memiliki definisi yang mapan dan diterima secara universal. Mary Parker Follet, misalnya, mendefinisikan manajemen sebagai seni menyelesaikan pekerjaan melalui orang lain. Definisi ini berarti bahwa seorang manajer bertugas mengatur dan mengarahkan orang lain untuk mencapai tujuan organisasi. Ricky W. Griffin mendefinisikan manajemen sebagai sebuah proses perencanaan, pengorganisasian, pengkoordinasian, dan pengontrolan sumber daya untuk mencapai sasaran (goals) secara efektif dan efesien. Efektif berarti bahwa tujuan dapat dicapai sesuai dengan perencanaan, sementara efisien berarti bahwa tugas yang ada dilaksanakan secara benar, terorganisir, dan sesuai dengan jadwal.
GAMBARAN tentang MANAJEMEN
- Definisi Manajemen
Adalah proses perencanaan, pengorganisasian,
pengarahan dan pengawasan para anggota orga-
nisasi dan penggunaan sumberdaya organisasi
lainnya untuk mencapai tujuan organisasi yang
telah ditetapkan.
1. Perencanaan ( Planning )
Merupakan kegiatan menetapkan tujuan or-
ganisasi dan memilih cara terbaik untuk men
capai tujuan tsb.
2. Pengorganisasian ( Organizing & Staffing )
Kegiatan mengkoodinir sumber daya manusia
dan material organisasi agar tujuan organisasi
tercapai secara efisien dan efektif.
3. Pengarahan ( Leading )
Meliputi kegiatan memberi pengarahan, mem
pengaruhi, dan memotivasi karyawan untuk
bekerja.
4. Pengawasan ( Controlling )
Bertujuan untuk melihat apakah kegiatan organi-
sasi telah berjalan sesuai rencana yang
ditetapkan.
- Definisi Manajer : Manajer berarti setiap orang yang mempunyai tanggung jawab thd bawahan dan sumber
- Pengklasifikasian Manajer
Menurut tingkatan Manajemen :
1. Manajer lini, contoh : supervisor
2. Manajer Menengah, contoh : Kep. Departemen
3. Manajer Puncak, contoh : Direktur
Menurut Fungsinya :
1. Manajer Administratif
Berurusan dengan penetapan tujuan, perenca-
naan, penyusunan kepegawaian, dan penga-
wasan kegiatan.
2. Manajer Operatif
Mencakup kegiatan memotivasi, dan komuni-
kasi dengan para karyawan.
- Keterampilan Manajer
1. Ketrampilan Konsepsual
Adalah kemampuan mental untukmengkoor-
dinasi dan mengintegrasikan seluruh kepen-
tingan dan kegiatan organisasi.
2. Ketrampilan Kemanusiaan
Kemampuan untuk bekerja dengan memahami
dan memotivasi orang lain.
3. Ketrampilan Administratif
Ketrampilan yang berkaitan dengan fungsi –
fungsi manajemen
4. Ketrampilan Teknik
Kemampuan untuk menggunakan peralatan,
prosedur, dan teknik di bidang tertentu.
1. Peranan antar pribadi
2. Peranan informasional
3. Peranan pembuatan keputusan
Ø Perubahan – perubahan yang terjadi pada lingkungan sangat dinamis dan kadang – kadang pengaruhnya pada manajemen tidak dapat diperkirakan terlebih dahulu. Karenanya manajemen dituntut untuk bersikap tanggap dan adaptif, selalu mengikuti dan menyesuaikan diri dengan keadaan lingkungan.
1. Para pesaing ( Competitors )
Dengan pemahaman akan lingkungan persaingan yang dihadapi, organisasi dpt mengetahui posisi persaingannya shg mampu mengoptimalkan operAsinya.
2. Langganan ( Customers )
Langganan perusahaan dapat berupa lembaga seperti sekolah, kantor pemerintah atau langganan perseorangan Dalam situasi persaingan yang ketat melalui kepuasan keinginan pelangganlah perusahaan dpt menjaga kelangsungan hidup berkembang dan mendapatkan keuntungan.
3. Penyedia ( Suppliers )
Setiap organisasi sangat tergantung dari sumber untuk memenuhi kebutuhan bahan baku , bahan pembantu, energi dan peralatan yang digunakan untuk proses produksi.
4. Lembaga-lembaga Keuangan
Organisasi tergantung pada bermacam-macam lembaga keuangan seperti bank,
perusahaan asuransi termasuk pasar modal untuk menjaga dan memperluas kegiatannya.
5. Pasar Tenaga Kerja ( Labor Supply )
Organisasi memerlukan karyawan dengan bermacam-macam ketrampilan,
kemampuan dan pengalaman. Kemampuan menarik dan mempertahankan
karyawan yang cakap merupakan prasyarat bagi perusahaan yang sukses.
6. Perwakilan Pemerintah
Perwakilan pemerintah ini biasanya menetapkan peraturan, prosedur perijinan, dan pembatasan lain untuk melindungi masyarakat.
Ø Faktor Lingkungan yang Secara Tidak Langsung Berpengaruh Terhadap Manajemen ( Lingkungan Ekstern Makro )
1. Perkembangan Teknologi
Tingkat kemajuan teknologi memiliki peranan berarti pada penentuan produk dan jasa yang akan diproduksi, peralatan yang digunakan dll.
2. Variabel – variabel Ekonomi
Biaya-biaya sumber daya yang dibutuhkan organisasi dapat berubah setiap waktu karena pengaruh faktor-faktor ekonomi.
3. Lingkungan Sosial Kebudayaan
Lingkungan ini mencakup kepercayaan, nilai-nilai, sikap, pandangan serta pola kehidupan yang dibentuk oleh tradisi, pendidikan, ekologi, demografis, geografis serta agama dan kepercayaan sekelompok masyarakat.
4. Variabel – variabel Politik dan Hukum
Politik dan hukum dalam suatu periode waktu tertentu akan menentukan operasi perusahaan.
5. Dimensi Internasional
Kekuatan internasional ini misalnya berwujud dalam hal ketergantungan sumber daya impor, keadaan resesi, persaingan dengan perusahaan multinasional, pertukaran mata uang asing dll.
No comments:
Post a Comment
Don't Spam & Junk, OK !!!