Thursday, June 30, 2011

Tentang Ilmu Manajemen

Manajemen

Kata Manajemen berasal dari bahasa Perancis kuno ménagement, yang memiliki arti seni melaksanakan dan mengatur. Manajemen belum memiliki definisi yang mapan dan diterima secara universal. Mary Parker Follet, misalnya, mendefinisikan manajemen sebagai seni menyelesaikan pekerjaan melalui orang lain. Definisi ini berarti bahwa seorang manajer bertugas mengatur dan mengarahkan orang lain untuk mencapai tujuan organisasi. Ricky W. Griffin mendefinisikan manajemen sebagai sebuah proses perencanaan, pengorganisasian, pengkoordinasian, dan pengontrolan sumber daya untuk mencapai sasaran (goals) secara efektif dan efesien. Efektif berarti bahwa tujuan dapat dicapai sesuai dengan perencanaan, sementara efisien berarti bahwa tugas yang ada dilaksanakan secara benar, terorganisir, dan sesuai dengan jadwal.


GAMBARAN tentang MANAJEMEN




  • Definisi Manajemen

    Adalah proses perencanaan, pengorganisasian, 
    pengarahan dan pengawasan para anggota orga-
    nisasi dan penggunaan sumberdaya organisasi
    lainnya untuk mencapai tujuan organisasi yang
    telah ditetapkan.
  •  Fungsi Manajemen

    1. Perencanaan ( Planning )
       Merupakan kegiatan menetapkan tujuan or- 
       ganisasi dan memilih cara terbaik untuk men
       capai tujuan tsb.

    2. Pengorganisasian ( Organizing & Staffing ) 
       Kegiatan mengkoodinir sumber daya manusia
       dan material organisasi agar tujuan organisasi
       tercapai secara efisien dan efektif.

    3. Pengarahan ( Leading )
       Meliputi kegiatan memberi pengarahan, mem
       pengaruhi, dan memotivasi karyawan untuk
       bekerja.

    4. Pengawasan ( Controlling )
        Bertujuan untuk melihat apakah kegiatan organi-
        sasi telah berjalan sesuai rencana yang
        ditetapkan.

  • Definisi Manajer Manajer berarti setiap orang yang mempunyai tanggung jawab thd bawahan dan sumber  daya organisasi lainnya.
  • Pengklasifikasian Manajer

        Menurut tingkatan Manajemen :
        1. Manajer lini, contoh : supervisor
        2. Manajer Menengah, contoh : Kep. Departemen
        3. Manajer Puncak, contoh : Direktur

        Menurut Fungsinya :
        1. Manajer Administratif
            Berurusan dengan penetapan tujuan, perenca-
            naan, penyusunan kepegawaian, dan penga-
            wasan kegiatan.

        2. Manajer Operatif
            Mencakup kegiatan memotivasi, dan komuni-
            kasi dengan para karyawan.
  • Keterampilan Manajer

        1. Ketrampilan Konsepsual
            Adalah kemampuan mental untukmengkoor-
            dinasi dan mengintegrasikan seluruh kepen-
            tingan dan kegiatan organisasi.
       
        2. Ketrampilan Kemanusiaan
            Kemampuan untuk bekerja dengan memahami
            dan memotivasi orang lain.
       
        3. Ketrampilan Administratif
            Ketrampilan yang berkaitan dengan fungsi –
            fungsi manajemen      

        4. Ketrampilan Teknik
            Kemampuan untuk menggunakan peralatan,
            prosedur, dan teknik di bidang tertentu.
  •  Peran Manajer

        1. Peranan antar pribadi
        2. Peranan informasional
        3. Peranan pembuatan keputusan



PENGARUH LINGKUNGAN Terhadap MANAJEMEN

Ø Perubahan – perubahan yang terjadi pada lingkungan sangat dinamis dan kadang – kadang pengaruhnya pada manajemen tidak dapat diperkirakan terlebih dahulu. Karenanya manajemen dituntut untuk bersikap tanggap dan adaptif, selalu mengikuti dan menyesuaikan diri dengan keadaan lingkungan.

Ø Faktor Lingkungan yang Secara Langsung Berpengaruh terhadap Manajemen  (LIngkungan Ekstern Mikro )

        1. Para pesaing ( Competitors )
Dengan pemahaman akan lingkungan persaingan yang dihadapi, organisasi dpt mengetahui posisi persaingannya shg mampu mengoptimalkan operAsinya.

        2. Langganan ( Customers )
    Langganan perusahaan dapat berupa lembaga seperti sekolah, kantor pemerintah atau langganan perseorangan Dalam situasi persaingan yang ketat melalui kepuasan keinginan pelangganlah perusahaan dpt menjaga kelangsungan hidup berkembang dan mendapatkan keuntungan.

        3. Penyedia ( Suppliers ) 
Setiap organisasi sangat tergantung dari sumber untuk memenuhi kebutuhan bahan baku, bahan pembantu, energi dan peralatan yang digunakan untuk proses produksi.

  4. Lembaga-lembaga Keuangan 
      Organisasi tergantung pada bermacam-macam lembaga keuangan seperti bank,
perusahaan asuransi termasuk pasar modal untuk menjaga dan memperluas   kegiatannya.

        5. Pasar Tenaga Kerja ( Labor Supply )
                 Organisasi memerlukan karyawan dengan bermacam-macam ketrampilan,  
                 kemampuan  dan pengalaman. Kemampuan menarik dan mempertahankan 
                 karyawan yang cakap  merupakan prasyarat bagi perusahaan yang sukses.

   6. Perwakilan Pemerintah
      Perwakilan pemerintah ini biasanya menetapkan peraturan, prosedur perijinan, dan pembatasan lain untuk melindungi masyarakat.


Ø   Faktor Lingkungan yang Secara Tidak Langsung Berpengaruh Terhadap Manajemen ( Lingkungan Ekstern Makro )

1. Perkembangan Teknologi
 Tingkat kemajuan teknologi memiliki peranan berarti pada penentuan produk dan jasa yang akan diproduksi, peralatan yang digunakan dll.

2. Variabel – variabel Ekonomi
 Biaya-biaya sumber daya yang dibutuhkan organisasi dapat berubah setiap waktu karena pengaruh faktor-faktor ekonomi.

3. Lingkungan Sosial Kebudayaan
 Lingkungan ini mencakup kepercayaan, nilai-nilai, sikap, pandangan serta pola kehidupan yang dibentuk oleh tradisi, pendidikan, ekologi, demografis, geografis serta agama dan kepercayaan sekelompok masyarakat.

4. Variabel – variabel Politik dan Hukum
Politik dan hukum dalam suatu periode waktu tertentu akan menentukan operasi perusahaan.

5. Dimensi Internasional
 Kekuatan internasional ini misalnya berwujud dalam hal ketergantungan sumber daya impor, keadaan resesi, persaingan dengan perusahaan multinasional, pertukaran mata uang asing dll.

No comments:

Post a Comment

Don't Spam & Junk, OK !!!